Shadow from My Backpack

Traveller, Writer, Photographer, Engineer

Lautan Pasir (8)

leave a comment »

Lautan Pasir Bromo – 16 Agustus 2009

bromo (47)
Di lokasi ini kawan harus turun dengan kendaraan, tidak mungkin jalan kaki dari Penanjakan tadi. Lumayan Jauh. Rame sekali tempat ini, mungkin gara-gara liburan panjang tempat wisata ini penuh dengan orang.

Tepat jam 07.22 kami sampai di lokasi. Ini adalah lokasi ke dua setelah puncak Penanjakan untuk melihat Sunrise. Bedanya, kami harus berjalan jauh, melewati pasir dan menaiki ratusan anak tangga. Capek memang. Tapi, cukup terbayarkan dengan keindahan pemandangan sekitar.

Kami sebenarnya memutuskan untuk naik kuda.

”Pak, pinten naik kudanya. Kita berlima pak”, tanya saya ke tukang penarik Kuda
”Sampun, seratus mawon mas. Ini murah kok”, balas bapak.
”Kok mahal pak, 75 ribu saget mboten?”, tawar saya.
”Sampun, ngene ae, sampean tambahi 15 ribu. Gimana?”, kilah bapak yang sedang memegang kuda poninya ini.

”Pun, pak kalo mboten purun nggih mboten nopo-nopo. Kami jalan aja pak”, jawab saya.

Karena, menurut kami mahal dan lebih asyik berjalan kami memutuskan untuk berjalan menuju kawah puncak.

Benar saja kawan, ternyata kalau jalan kita lebih bebas untuk memilih rute. Lautan pasir ini tingginya semata kaki orang dewasa. Padahal, kata ibu saya ketika tahun 90-an ke sini, tinggi pasirnya hingga separuh dengkul. Jalannya susah, makanya wisatawan dulu semua naik kuda.

Setelah melewati lautan pasir kita akhirnya berhadapan dengan anak tangga yang lumayan tinggi. Konon setiap wisatawan yang datang kesini, selalu tidak bisa menghitung tepat jumlah anak tangganya.

Setelah saya buktikan dengan teman saya, saya menghitungnya dengan tepat 230 anak tangga. Tapi, teman saya ada bilang 249. Haha… mungkin mitos itu benar. Lha wong, naik aja susah apalagi di sambi menghitung.

Setelah puas di puncak kami berfoto. Mengabadikan gambar untuk dibawa oleh-oleh. Akhirnya, kami turun lagi. Kalau kawan kesini, jangan lupa bawa masker penutup hidung. Pasalnya, banyak debu yang akan kita hirup bersama bau kotoran kuda dimana-mana.

Written by walangkadoeng

August 31, 2009 at 10:57 am

Posted in Coretan gw di sini

Leave a Reply

