Shadow from My Backpack

Traveller, Writer, Photographer, Engineer

Metamorfosis Sempurna (1)

with 2 comments

Depok, 1 Agustus 2009

Awal kenikmatan traveling liburan ini, bermula ketika teman saya yang tinggal di Mataram bilang tentang Gili Meno. Tempat ini adalah tujuan wisata di Pulau Lombok dengan pantai indah sekaligus bisa snorkeling. Saat saya menghubunginya via telepon dan bilang kalau akan liburan backpacker dia menyambut dengan welcome.

”Sudah ngebet ini bro untuk berangkat ke Lombok. Rencana via darat dari Jakarta. Kira-kira aku membawa empat orang temenku. Tolonglah bro dicarikan hostel murah meriah di kota Mataram untuk dua malam.

Begitu informasi yang saya sampaikan ke temen dekatku saat SMA ini.
Sayangnya, sore hari itu juga kedua teman saya membatalkan niat backpacker’an liburan ini.

Begini email yang dia tulis:
Begini yud rencana kita untuk ke Lombok mungkin harus tertunda sampai Januari tahun depan. Gw mau konsen ke Skripsi dulu.Lagian sebentar lagi juga puasa. Januari kita persiapkan koper, semangat tinggi, cakra tak terbatas, rute travel, akomodasi final. Gw juga trus googling map Bali dan Lombok dan ekskalasi harga.

Saya hormati keputusan teman saya. Namun bara api sudah terlanjur menyala. Semangat meminggul ransel sudah tak bisa ditunda. Meski sendiri saya tetap akan berangkat. Peta bali sudah saya beli. Tujuan dan schedule sedang saya susun ketika sesampai di Bali dan Lombok.

Passion backpacker saya dapatkan setelah membaca Endensor, buku ketiga dari tetralogi laskar pelangi. Novel yang mengundang decak gemetar saya ketika si penulis mensyratkan perjalanan jauh ke Eropa. Berangkat dari Paris dengan tujuan Rusia dan Afrika tanpa modal.

Modalnya hanya baju teatrikal seni ikan Duyung. Pertunjukannya ngamen menjadi ikan duyung dari negara satu ke negara lain. Dari inilah si penulis mendapatkan uang saku.

Novel ini saya baca saat kembali ke Jakarta dari Surabaya beberapa waktu lalu di kereta Sembrani. Ditambah, sesampai di Stasiun gambir saya berkenalan dengan Anne, mahasiswi Belanda, seorang backpacker ternyata.

Anne. I see your bag fulfilled with flag badge other countries. So, this is your first time came to Indonesia?” Saya penasaran melihat beberapa tempelan bordiran bendera berbagai negara di tasnya.

No, It’s my second time visit to Indonesia. I will go to Bunaken, but I’ll pick up my friend in Bogor before”. Jawabnya.

Cewek bule saja berani berangkat ke negeri lain tanpa teman. Ini yang saya sebut metamorfosis sempurna. Setelah menghabiskan enam bulan berkutat kuliah di semester 8 plus dua bulan semester pendek dengan hasil nilai cukup memuaskan saya butuh reward.

Perfect minggu depan kemungkinan saya tetap akan berangkat.

Written by walangkadoeng

August 21, 2009 at 9:36 pm

Posted in Backpacker

2 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Hooo.. Perginya puasa2 gitu mas ^^?

    Alief

    August 21, 2009 at 10:46 pm

    • ini tulisan tanggal 1 agustus kemarin lif, baru sempet upload kemarin…😛

      walangkadoeng

      August 22, 2009 at 5:04 am


Leave a Reply

