Shadow from My Backpack

Traveller, Writer, Photographer, Engineer

Belajar kegagalan dari Tes Chevron

with 12 comments

chev-darajat

Sedia payung sebelum hujan. Coba saya belajar, coba saya  baca buku tentang metode konstruksi teknik sipil, coba saja tidak meremehkan tes itu. Wahh yang ada semua hanya perandaian. Ini yang saya alami sebulan lalu ketika melakoni tes tahap interview Chevron Geothermal di Garut. Di benak saya, tes ini adalah tes HRD tanpa tes kemampuan teknikal lapangan.

Ketika di berangkatkan bersama dua kandidat lain yang berasal dari kampus Bandung, mungkin sayalah yang paling sedikit membawa amunisi perang. Dalam benak saya, ”Kalau udah gagal, saya masih punya kepentingan di UI”. Makanya saya sedikit meremehkan tes yang paling menentukan ini.

Yah,, kalau udah lolos tes interview ini, tahap selanjutnya tinggal medical check up. Dan, kalau sudah lulus tes kesehatan, tanda tangan kapan mulai siap bekerja. Wat de fak, menyesalnya saya.

Ketika sesampai di site Chevron Garut, kita bertiga istirahat 30 menit setelah menempuh perjalanan darat 4 jam dari Jakarta. Dan, ternyata giliran pertama untuk tes adalah saya. Karena saya datang berstatus nothing at all, saya kira ini hanya tes wawancara kepribadian. Salah! Begitu masuk ke ruangan saya langsung di sodori spidol white board.

Dahsyat! Lima panelis berlatar belakang Insinyur Teknik Sipil, langsung meminta saya mempresentasikan pertanyaan-pertanyaan teknikal. Mereka memberondong pertanyaan-pertanyaan teknik sipil lapangan yang saya kurang kuasai. Mulai berapa lapisan jalan untuk kedap air, hingga menghitung rumus kestabilan lereng jika terjadi longsor.

Awalnya saya menguasai keadaan, namun ketika interviewer menanyakan apa yang tidak bisa saya jawab, langsung saya komat-kamit. Jawaban asal sedikit menyerocos keluar dari bibir saya.

Seketika keluar dari ruangan saya kecewa. Beda ketika seminggu yang lalu ketika saya menghadapi tes interview perusahaan McDermott Batam.

Ketika saya kontak kandidat lain, ternyata salah satu dari kita bertiga mulai tanggal 1 Juni besok sudah di hired oleh Chevron. Namun, status saya di website experd-nya Chevron masih bersatatus Interview belum unsuccesfull. Mungkin masih ada kesempatan, namun masih pending.

Kalau udah rejeki mungkin tidak bakal lari kemana. Semoga jalan yang terbaik inilah yang sedang saya jalani. Go go go…

Written by walangkadoeng

May 17, 2009 at 7:28 pm

Posted in Coretan gw di sini

Tagged with , ,

12 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Hehehe, semangat ya mas ^^ Aku juga lagi nunggu bonded ku abis neh september besok. Abis itu ikut gerilya-gerilya hehehe.. Kabarin ya kalo ada lowongan😉

    alief

    May 18, 2009 at 3:04 pm

    • sep, aman lif. Tetap semangat, pokok’e halal dan berduit🙂
      Btw, aku pengen ngerti caranya dapat duit dari blog. Sepertinya awakmu sudah mendapat pundi2 duit dari blogmu yg banyak itu…

      walangkadoeng

      May 18, 2009 at 5:09 pm

  2. yang penting Mas….pantang menyerah aja, kegagalan suatu keberhasilan yang masih tertunda……..sukses untuk Mas…..

    ape mofiet

    October 10, 2009 at 8:50 pm

  3. iyah yud, gpp gagal skali tapi kan bis itu sukses mulu…..chaiyo buat kita smua^^

    indah

    December 11, 2009 at 11:09 am

  4. smangatzz mas…pasti dpet yg terbaik!

    vita

    March 3, 2010 at 7:41 pm

  5. semangat.. akhirnya di pulau Borneo yak….🙂

    sari

    March 19, 2010 at 2:47 pm

  6. 🙂

    oia.. salam kenal juga…

    sari

    March 23, 2010 at 3:42 pm

  7. Asskum sohabat,,,ane anak kampus yang mau lulus,,,bdw tes di chevron interviewnya english apa indo aja? mohon infonya,,

    matur nuwun

    siddiq

    May 16, 2011 at 1:07 pm

  8. eat dah w yg asli garut kgak bisa masuk kerjja di sevron secara murni
    kecuali premanisme lewat om w

    eze

    August 28, 2012 at 10:04 pm


Leave a Reply

