Shadow from My Backpack

Traveller, Writer, Photographer, Engineer

Hargai waktu, hargai janji, lupakan jam karet.

with 7 comments

Sudah lama saya tidak bersua di web ini. It’s too hard i’m saying, that my life is one hundred and eighty degree was changed. Begin from that i’m not ‘labor’ till I’m feel that love is true pain! pain! But that is life man.

Ok, lets skip that intro. Kita tahu kemampuan keterbatasan manusia ada limitnya. Tapi, kenapa yang saya tahu orang-orang sekitar saya tidak menyadari betapa berharganya sebuah waktu. Nilainya tak ubah kita menghargai sejarah dunia.

Inilah budaya orang Indonesia. Jam Karet! Selepas profesional orang maupun bukan, menghargai ketepatan waktu adalah wajib bagi sebuah manusia. Kenapa? Ayam saja bisa menepati waktunya.

Saya masih ingat ketika masih duduk  di bangku SD. Saat liburan caturwulan datang, saya selalu menyempatkan berlibur di rumah nenek. Bisa dibilang rumah nenek ini sebuah desa yang jauh dari kota. Justru tautan desa-kota ini yang membuat saya betah jam tidur malam.

Tepat, sebelum suara masjid berkumandang melafalkan ayat-ayat imsak dan subuh, ayam jago nenek selalu berkokok lebih dahulu. Tiap hari tanpa pernah telat. Meski keadaan hujan, kering atau bulan puasa, ayam jago ini setia dan menjaga waktu untuk membangunkan sang pemilik untuk menyambut pagi, termasuk saya.

Beda yang saya rasakan. Kenapa manusia tidak bisa sefokus ayam jantan kalo berjanji. Sudah tahu janjian pukul 7 pagi, tapi kenapa bisa molor satu jam. Bahkan lewat dua jam.

Saat yang saya alami ketika bekerja di sebuah koran lokal dahulu. Ketika meeting di agendakan jam 13.00 molor setengah jam. Alasannya simpel, maaf teman saya kena macet!

Ah… itu sih belum keterlaluan. Parah lagi, pernah saat janjian mengerjakan tugas, kalau udah tahu harus tepat waktu kenapa sampai molor dua jam. Tanpa kabar pula.

Udahlah teman, coba kita hargai waktu di dunia ini dengan on time. Jangan sampai kita terlambat trus di cap “Biasalah orang Indonesia”. Kalau saja Jepang konsisten dengan janji dan waktu, kenapa kita harus kalah dengan mereka. Toh, apa sih ruginya kalo kita bisa datang on time. Dan, apa sih untungnya kalo kita di cap Jam Karet…

Pelajaran tulisan ini:

“Nikmati janji dengan selalu tepat waktu, hargailah janjimu sebagaimana anda bisa mengeluarkan janji itu pada orang lain”

Written by walangkadoeng

May 10, 2009 at 3:07 am

Posted in Coretan gw di sini

7 Responses

Subscribe to comments with RSS.

  1. Saat yang saya alami ketika bekerja di sebuah koran lokal dahulu. Ketika meeting di agendakan jam 13.00 molor setengah jam. Alasannya simpel, maaf teman saya kena macet!

    Hohoho, kayakna aku tau yang ini ^^ Saiki nang endi mas? Yo opo kabare?

    alief

    May 11, 2009 at 1:25 pm

    • Hahaha.. sukur kalo udah tahu yang di maksud di atas.
      masih di depok lief…
      masih meneruskan belajar..
      Insyallah akhir tahun ini udah rampung..

      masih di cikarang?

      walangkadoeng

      May 11, 2009 at 3:15 pm

  2. Hooo…Mas Yudha is back to the blogging world…
    Stuju-stuju mas, aq juga paling anti sama yg namanya jam karet.

    Kinetics

    May 11, 2009 at 1:55 pm

  3. “Ah… itu sih belum keterlaluan. Parah lagi, pernah saat janjian mengerjakan tugas, kalau udah tahu harus tepat waktu kenapa sampai molor dua jam. Tanpa kabar pula”
    tertohok bener rasanya hehhe…sory yud u/ itu..(pas mo ngerjain paldom di kosan angga bukan.. )

    anik

    May 13, 2009 at 2:41 pm

    • tenang nik,,
      nggak nyebut nama kok.. dan yang aku maksut bukan yang itu kok🙂
      wah maaf nih, baru ngerespon comment soalnya lagi ful-fulnya kuliah.. hehehe

      walangkadoeng

      May 17, 2009 at 6:54 pm


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: